STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA

Lestari, Silvy Puji and Resnani, Resnani and Nani, Yuliantini (2023) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DAN MOTIVATOR PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD NEGERI 04 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Silvy Puji Lestari_FIX_unib - Silvy Puji Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dan motivator pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas 2B SDN 04 Bengkulu Utara. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator dalam membaca permulaan siswa kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara yaitu guru menjalankan perannya sebagai fasilitator dengan menyediakan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan Bahan Ajar, guru juga menyediakan fasilitas pembelajaran berupa ruang kelas yang nyaman, media belajar seperti teks bacaan, kartu kata, kartu gambar, dan lain sebagainya. Selain itu guru bertindak sebagai mitra yang dapat mendampingi siswa dengan baik sehingga siswa merasa nyaman, guru juga tidak bertindak sewenang-wenang dan bersikap adil kepada setiap siswa. Sedangkan peran guru sebagai Motivator dalam membaca permulaan siswa kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara yaitu guru menjalankan perannya sebagai motivator dengan memberikan metode yang bervariasi pada pembelajaran membaca permulaan, selain itu guru juga memberikan hadiah kepada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi di kelas pada saat akhir tahun ajaran, dan guru juga memberikan pujian kepada siswa yang melakukan tugas dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dan motivator pada pembelajaran membaca permulaan guru kelas 2B SD Negeri 04 Bengkulu Utara menyiapkan perangkat pembelajaran, fasilitas pembelajaran, bertindak sebagai mitra, tidak bertindak sewenang- wenang, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan hadiah serta pujian kepada siswa kelas 2B, tetapi dalam penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran harus ditingkatkan kembali supaya kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan lebih optimal. Kata Kunci: Peran, Guru, Fasilitator, Motivator, Membaca Permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:23
Last Modified: 12 Aug 2024 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19862

Actions (login required)

View Item View Item