PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bengkulu)

Saputra, Eki and Dri, Asmawanti and Baihaqi, Baihaqi (2021) PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - EKI SAPUTRA_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Good Governance terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP). Good Governance terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) diukur dengan menggunakan 9 item pernyataan dari United Nation Development Program (UNDP) dengan indokator yaitu Partcipation, Rule of law, Tranparency, Responsiveness, Consensus orientation , Kesetaraan dan Keadilan , Effectiveness and efficiency, Accountability, Strategic vision. Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah diukur dengan menggunakan 10 item pernyataan dari keputusan LAN No.236/IX/6/82003. Indikator untuk mengukur Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yaitu menerapkan perencanan strategik, terukur, sumber daya yang efektif dan efisin, mewujudkan visi dan misi, sesuai target, memberikan manfaat, berjenjang dan berkala, alat pertanggung jawaban, tepat waktu, dan alat evaluasi. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS versi 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bengkulu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Good Governance melalui participasi, Rule of law, Transparance, Responsive, Convenses Orientation, Kesetaraan dan Keadilan, Efectivitas dan Effeciency, accountability, dan strategic vision dapat meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bengkulu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan mengenai teori stewordship yang menjelaskan bahwa dalam organisasi sekelompok orang berusaha memaksimalkan kinerja secara keseluruhan agar dapat mencapai tujuan organisasi, yang dalam hal ini penerapan Good Governance yang di terapkan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah menunjukkan hal yang positif dalam kaitannya untuk meningkatkan Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:13
Last Modified: 12 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item View Item