PROSES PEMBELAJARAN NONFORMAL DALAM PROGRAM BINA KELUARGA BALITA PADA POS PAUD DELIMA KOTA BENGKULU

Rizkita, Dinda Cahya and Sofino, Sofino and Aris, Putra (2023) PROSES PEMBELAJARAN NONFORMAL DALAM PROGRAM BINA KELUARGA BALITA PADA POS PAUD DELIMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DINDA CAHYA RIZKITA A1J019041 - Dinda Cahya Rizkita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran nonformal pada program Bina Keluarga Balita (BKB) di Pos PAUD Delima Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran nonformal dalam program BKB mengikuti langkah-langkah pembelajaran orang dewasa yakni, menciptakan suasana dan iklim belajar bagi orang tua, perencanaan, mendiagnosis kebutuhan belajar, menetapkan tujuan pembelajaran, merancang rencana pembelajaran, terlibat dalam kegiatan pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Untuk menciptakan suasana dan iklim belajar bagi orang tua tentu ruangan yang digunakan harus nyaman, bahan ajar digunakan juga harus memadai, kader dapat menjelaskan materi dengan baik dan mudah dipahami, suasana saling menghargai dan bekerjasama terjalin dengan baik. Perencanaan program BKB ini dilakukan dengan diskusi antara kader dan peserta. Mendiagnosis kebutuhan belajar pada program ini dilakukan dengan sesi tanya jawab dan lebih dipentigkan self-diagnosed needs. Merancang rencana pembelajaran pada program ini tidak dilakukan merancang unit-unit khusus dan sesuai dengan prinsip estetika karena program BKB merupakan proses pembelajaran nonformal. Terlibat dalam kegiatan program BKB ini tentu hal yang penting mengenai ketersediannya sumber daya manusia yang menjadi sumber belajar bagi para peserta. Pada proses pembelajaran BKB ini kegiatan mengevaluasi hasil belajar dilakukan secara pengamatan kader pada peserta dan tidak dilakukan secara tertulis. Dapat disimpulkan dari penelitian ini proses pembelajaran nonformal pada program BKB menggunakan konsep pendidikan orang dewasa, baik dalam perencanaannya hingga evaluasi hasil pembelajaran program dan pembelajaran program ini berlangsung secara fleksibel. Kata Kunci : Pembelajaran Nonformal, Program BKB

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:37
Last Modified: 13 Aug 2024 02:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item View Item