STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN KETERAMPILAN BAGI WARGA BINAAN RUMAH TAHANAN KELAS IIB PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SPNF-SKB KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Kurniawati, Fanny Verina and Sofino, Sofino and Lenni, Mantili Hutauruk (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN KETERAMPILAN BAGI WARGA BINAAN RUMAH TAHANAN KELAS IIB PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SPNF-SKB KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FANNY VERINA KURNIAWATI (A1J019045) PNF - fanny verina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada pelajaran keterampilan bagi warga binaan rumah tahanan kelas IIB pada program pendidikan kesetaraan paket c di SPNF-SKB Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam strategi pembelajaran pada pelajaran keterampilan bagi warga binaan mengikuti komponen-komponen pembelajaran yakni kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, penilaian, dan kegiatan lanjutan. Dari hasil penelitian diketahui dalam kegiatan pembelajaran pendahuluan tujuan pembelajaran dibentuk pendidik bersama warga belajar dan dijelaskan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik, dan melakukan apersepsi kepada peserta didik. Penyampaian informasi dilakukan berdasarkan urutan materi pembelajaran agar kegiatan pembelajaran terarah, ruang lingkup materi dijelaskan berdasarkan materi yang sudah dibentuk dibentuk dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan jenis materi keterampilan yang akan disampaikan berdasarkan tujuan belajar. Partisipasi peserta didik di rumah tahanan merupakan orang dewasa usia produktif, pada kegiatan pembelajaran partisipasi peserta didik dalam mengikuti program pendidikan kesetaraan paket c pada pelajaran keterampilan ini peserta didik diikutsertakan melakukan latihan dan praktik supaya peserta mengetahui perkembangan pengetahuan dan keterampilan setelah mendapatkan materi pembelajaran, dan umpan balik dilakukan dengan memberikan pertanyaan. Penilaian hasil belajar dilakukan dengan pengamatan dan melakukan tes kemampuan dan praktik pada peserta didik dalam. Pada kegiatan lanjutan pembelajaran tidak dilakukan karena kondisi dan pergerakan peserta didik yang ada di rumah tahanan terbatas. Dapat disimpulkan dari penelitian ini strategi pembelajaran pada pelajaran keterampilan bagi warga binaan menggunakan komponen-komponen pembelajaran, baik dalam kegiatan pembelajaran pendahuluan hingga kegiatan lanjutan pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:38
Last Modified: 13 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19873

Actions (login required)

View Item View Item