PENGARUH VARIASI LATIHAN KELENTURAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS SEPAK TAKRAW PADA ATLET EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN

Ilahi, Fikri Rizqi and Dian, Pujianto and Tono, Sugihartono (2023) PENGARUH VARIASI LATIHAN KELENTURAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS SEPAK TAKRAW PADA ATLET EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Fikri rizqi ilahi_A1H019039_Penjas_perpus - Fikri Rizqi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi latihan kelenturan terhadap kemampuan servis sepak takraw pada atlet ekstrakurikuler sepak takraw SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ektrakurikuler sepak takraw di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan berjumlah 30 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan tersebut adalah total sampling. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa ektrakurikuler sepak takraw SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Perlakuan yang diberikan yaitu pemberian variasi latihan kelenturan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes secara langsung yaitu menggunakan tes kemampuan servis sepak takraw. Uji persyarat statistik memenuhi syarat homogen dan data berdistribusi normal berdasarkan hitungan statistik kelompok eksperimen satu didapat hasil dari Hasil analisis yang diperoleh dari uji-t menunjukan data nilai signifikan 0,000 < 0,005 yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang diberikan maka ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara variasi latihan kelenturan terhadap kemampuan servis sepak takraw atlet ekstrakurikuler sepak takraw SMA Negeri 2 Bengkulu selatan sehingga dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan servis sepak takraw dan dapat dijadikan metode latihan untuk meningkatkan prestasi siswa. Kata kunci : Kelenturan, Sepak Takraw, Servis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:05
Last Modified: 13 Aug 2024 03:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item