PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Eksperimen di SMAN 7Bengkulu)

Seprapti, Anggreni Indika and Eko, Swistoro and Eko, Risdianto (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Eksperimen di SMAN 7Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI Anggreni Indika Seprapti.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang diajar dengan model problem solving fisika dan model problem based learning serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran model problem solving fisika dan model problem based learning Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design one group pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen X1 dan X MIA 5 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen X2. Data hasil kemampuan pemahaman konsep diperoleh melalui pretest dan posttest menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan respon siswa diperoleh melalui angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahamn konsep fisika yang signifikan antara siswa yang diajarkan deengan model problem solving fisika dengan model problem based learning yaitu thitung=1,772 > ttabel =1,995. (2) siswa merespon baik terhadap pembelajaran yang dilakukan yaitu respon menggunakan model problem solving fisika sebesar 74% berkategori positif dan respon menggunakan model problem based learning sebesar 70% berkategori positif. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep, problem solving fisika, problem based learning,respon siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:30
Last Modified: 21 Nov 2019 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item