PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI MAN 2 Kota Bengkulu)

Kartikasari, Desta and Rosane, Medriati and Andik, Purwanto (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI MAN 2 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
Skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 MAN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III. (1) Aktivitas belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 24 (kategori baik) pada siklus I menjadi sebesar 26 (kategori baik) pada siklus II kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 28,5 (kategori baik); (2) Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus I dengan persentase nilai rata-rata sebesar 72,04% (kategori cukup) menjadi 77,96% (kategori baik) pada siklus II, kemudian meningkat lagi menjadi 82,26% (kategori baik) pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA I MAN 2 Kota Bengkulu pada konsep kalor dan perpindahan kalor. Kata Kunci : Discovery Learning Model, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:30
Last Modified: 21 Nov 2019 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item View Item