PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS POE (Predict Observe Explain) PADA MATERI REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM (Research and Development)

Sitompul, Lora Pitaloka Indriani and Febrian, Solikhin and Elvinawati, Elvinawati (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS POE (Predict Observe Explain) PADA MATERI REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Lora PItaloka Indriani Sitompul_A1F018006_Perpus UNIB - Lora Pitaloka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan e-LKPD Berbasis POE yang bertujuan mengetahui kelayakan e-LKPD dan respon peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi sampai pada tahap Develpoment. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 32 peserta didik kelas XII MIPA 1 uji coba kelompok kecil, pemilihan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta didik, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi media dan materi berturut sebesar 93% dan 91,7% dalam kategori sangat layak. Uji respon peserta didik pada keempat aspek meliputi (1) aspek isi sebesar 88,3%, (2) aspek tampilan 86,6%, (3) aspek kebermanfaatan 88,5%, (4) aspek penggunaan 88,8% dengan rata-rata persentase sebesar 88,1% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-LKPD Berbasis POE yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Bahan ajar, e-LKPD, POE, Reaksi Eksoterm dan Endoterm

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:51
Last Modified: 13 Aug 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item