PENGEMBANGAN E-LKPD PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KIMIA BAHAN MAKANAN (KIM-313) (Research and Development)

Nofrian, Ekki and Sura, MendaGinting and Hermansyah, Amir (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KIMIA BAHAN MAKANAN (KIM-313) (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EKKI NOFRIAN-A1F017038 - Ekki Nofrian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan E-LKPD praktikum berbasis problem based learning pada materi Kimia Bahan Makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan E-LKPD dan respon mahasiswa. Pengembangan E-LKPD menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi hanya sampai tahap develop yaitu pada tahap uji respon mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-Agustus 2023 di Universitas Bengkulu dan Laboratorium Prodi Pendidikan Kimia. Subjek pada penelitian ini adalah 14 orang mahasiswa Pendidikan Kimia semester VII (tujuh) untuk uji respon. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi, dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD praktikum berbasis problem based learning pada materi Kimia Bahan Makanan dinyatakan sangat valid oleh ahli produk dengan persentase rata-rata 85,2% untuk aspek isi, penyajian dan sintaks problem based learning. Uji respon mahasiswa terhadap E- LKPD praktikum berbasis problem based learning berada pada kategori sangat baik dengan persentase 100% untuk aspek penyajian, 96% untuk aspek materi, 100% untuk aspek bahasa dan 100% untuk aspek kemudahan penggunaan dengan persentase rata-rata 99%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD praktikum berbasis problem based learning pada materi Kimia Bahan Makanan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: e-lkpd, pengembangan, problem based learning, kimia bahan makanan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:07
Last Modified: 13 Aug 2024 08:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item View Item