PENGARUH GREEN INNOVATION DAN CSR TERHADAP PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN YANG DIMEDIASI OLEH GREEN PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan dan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Nadia, Melly and Fenny, Marietza and Lisa, Martiah Nila Puspita (2021) PENGARUH GREEN INNOVATION DAN CSR TERHADAP PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN YANG DIMEDIASI OLEH GREEN PERFORMANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan dan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Melly Nadia (C1C017039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Konsep sustainable development atau pengembangan berkelanjutan pertama kali diperkenalkan di dunia pada konferensi pertama PBB di Stocklom tahun 1972 oleh bidang lingkungan hidup yang dilatarbelakangi oleh kekhawatiran masa depan akibat kemiskinan dan masalah lingkungan sehingga perusahaan dituntut untuk tidak hanya berfokus pada keuntungan saja, tetapi juga fokus terhadap keadaan sosial dan lingkungan tempat dimana perusahaan beroperasi. Pengembangan berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia baik di generasi sekarang maupun masa depan tanpa mengeksploitasi penggunaan sumber daya alam yang melebihi kapasitas dan daya dukung bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green innovation dan CSR terhadap pengembangan berkelanjutan yang dimediasi oleh green performance pada perusahaan pertambangan dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 25. Pengujian variabel mediasi dalam penelitian ini menggunakan program process yang diintegrasikan dalam SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green performance tidak mampu memediasi hubungan antara green innovation dan CSR terhadap pengembangan berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapkan perusahaan dapat semakin memiliki kesadaran untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Karena perusahaan yang memerhatikan dampak terhadap lingkungan telah berkontribusi dalam pencapaian tujuan pengembangan berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:40
Last Modified: 13 Aug 2024 07:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19926

Actions (login required)

View Item View Item