ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Yunengsih, Yunengsih and Dewi, Rahimah and Teddy, Alfra Siagian (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C019001_YUNENGSIH_SKRIPSI - 001 Yunengsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis, mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII H yang diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan antara kemampuan awal matematika dan kemampuan pemecahan masalah. 2) berdasarkan langkah Polya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa didominasi oleh siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, adapun pada proses penyelesaian masalahnya siswa tersebut hanya mampu menguasai indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian. 3) kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika didominasi oleh siswa dengan kemampuan awal sedang dan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, siswa tersebut sudah sedikit lupa mengenai materi prasyarat materi perbandingan sehingga dapat dikatakan kurang menguasai kemampuan awal matematika, dan dalam prosesnya menyelesaikan masalah, siswa ini sudah mampu memahami masalah dengan baik, kemudian menentukan rencana penyelesaian dengan benar tetapi melakukan kesalahan saat proses perhitungan sehingga jawaban yang diperoleh kurang tepat. Kata Kunci : Kemampuan Awal Matematika; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Langkah Polya; Perbandingan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:49
Last Modified: 14 Aug 2024 02:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item