Putri, Afriliya Anisa and Teddy, Alfra Siagian and Della, Maulidiya (2023) PENGARUH KONTEKS BENGKULU PADA DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C019043_AFRILIYA ANNISA PUTRI_PENDIDIKAN MATEMATIKA-compressed - 043 Afriliya Annisa Putri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Model discovery learning cocok digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis melalui keterlibatan secara aktif dalam penemuan suatu konsep ketika proses pembelajaran. Pada tahap stimulation, disajikan permasalahan dengan menggunakan konteks untuk membantu peserta didik dalam memahami permasalahan yang disajikan. Penggunaan konteks budaya yang akrab dengan peserta didik dapat membantu peserta didik dalam memahami sesuatu, sehingga cocok diterapkan pada discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan konteks Bengkulu pada discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperiment). Sampel pada penelitian ini akan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari satu kelas sampel yaitu kelas VIII 7 yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19933 |
Actions (login required)
View Item |