PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMAN 3 KOTA BENGKULU

Liani, Esti and Dedi, Hamdani and Eko, Risdianto (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMAN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
Skripsi Esti Liani (A1E014011).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas X MIPA 3 SMAN 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian: 1) Peningkatan aktivitas guru dan siswa dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas guru yaitu 31; 34,5; 35,5; dan aktivitas siswa 28,5; 32,5; 35,5. 2) Peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siklus I, II dan III yaitu 79,34%; 82,19%; 92,14%; dan persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 80,55%; 88,88%; 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan metode Brainstorming di kelas X MIPA 3 SMAN 3 Kota Bengkulu dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata kunci: Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming, Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 24 Nov 2019 07:55
Last Modified: 24 Nov 2019 07:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19936

Actions (login required)

View Item View Item