PENGARUH PENGGUNAAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas blackie) PLUS DAUN SINGKONG (Manihot esculenta) TERHADAP DEPOSISI LEMAK AYAM BROILER

Ahmat, Deno Saputera and Urip, Santoso and Sutriyono, Sutriyono (2022) PENGARUH PENGGUNAAN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas blackie) PLUS DAUN SINGKONG (Manihot esculenta) TERHADAP DEPOSISI LEMAK AYAM BROILER. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi_Ahmat Deno Saputera_E1C017160.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Ayam broiler memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dengan kurun waktu yang relatif singkat, Industri broiler terdapat permasalahan pada deposisi lemak ayam broiler. Lemak yang tinggi dari ayam broiler dapat menyebabkan gangguan metabolisme bagi konsumen yang mengkonsumsi ayam broiler oleh karena itu, perlu dicari teknologi alternatif yang dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas daging serta mengurangi kandungan lemak abdominal pada broiler. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menurunkan lemak pada broiler yaitu dengan memberikan pakan berupa tepung ubi jalar ungu dan daun singkong. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian ubi jalar ungu (Ipomoea batatas blackie) plus daun singkong (Manihot esculenta) terhadap deposisi lemak broiler. Penelitian dilakukan pada tanggal 24 Februari sampai dengan 02 April tahun 2021 di Comercial Zone of Animal Laboratory (CZAL) dan Laboratorium Peternakan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Penelitian menggunakan rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu penggunaan 0% tepung ubi jalar ungu dan daun singkong, penggunaan 7,5% tepung ubi jalar plus 1,5% daun singkong, penggunaan 7,5% tepung ubi jalar plus 3% daun singkong, penggunaan 15% tepung ubi jalar plus 1,5% daun singkong, dan penggunaan 15% tepung ubi jalar plus 3% daun singkong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung ubi jalar ungu 7,5% - 15 % Plus daun Singkong sebanyak 1,5 % - 3 % tidak dapat menurunkan deposisi lemak ayam broiler.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:37
Last Modified: 14 Aug 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item View Item