IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DIKELAS X MIPA4 SMAN 4 KOTA BENGKULU

Pitriyani, Hera and Rosane, Medriati and Eko, Risdianto (2018) IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DIKELAS X MIPA4 SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
skrisi piks.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, aktivitas, dan keterampilan proses sains pada konsep usaha dan energi. Subyek kreatif, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik pada konsep usaha dan energi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 4 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes pemahaman konsep, tes lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan tes lembar observasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemahaman konsep diperoleh skor rata-rata 67,19 pada siklus I, meningkat menjadi 75,00 pada siklus II, meningkat menjadi 82,50 pada siklus III. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata 22 dengan katagori cukup, meningkat menjadi 31 pada siklus II dengan katagori baik, meningkat menjadi 36 pada siklus III dengan katagori baik. Hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 44% (tidak tuntas), meningkat pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% (tuntas), meningkat pada siklus III ketuntasan belajar klasikal sebesar 81% (tuntas). Berdasarkan hasil penilitian bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing pada konsep usaha dan energi dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas belajardan keterampilan proses sains. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep,Aktivitas Belajar, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 24 Nov 2019 07:56
Last Modified: 24 Nov 2019 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item View Item