PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Umam, Rija Khoerul and Teddy, Alfra Siagian and Agus, Susanta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Draf-Skripsi Rija Khoerul Umam_compressed - Rija Khoerul Umam.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa diakibatkan karena siswa belum terbiasa melakukan proses dengan sistematis yang membutuhkan aspek memahami, merencanakan, menyelesaikan dan menyimpulkan. Penerapan model problem based learning dapat membantu siswa untuk terbiasa menyelesaikan soal dengan proses yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan yakni 0,000 < 0,05. Adapun nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yang diperoleh yakni 83,40 dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol yang diperoleh yakni 68,47. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun datar segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Eksperimen Semu, Kemampuan Pemecahan Masalah, Konvensional, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:06
Last Modified: 14 Aug 2024 03:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item