ANGGRAINI, EKA DWI and Nurul, Astuty Yensy and Tria, Utari (2023) PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
EKA DWI ANGGRAINI_A1C019061_SKRIPSII - 061 Eka Dwi Anggraini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Discovery Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 4 tahapan model pengembangam 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning termasuk dalam kategori: (1) sangat valid berdasarkan 36 aspek penilaian dengan memperoleh kecenderungan sangat setuju dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi menunjukkan : (a) pada validasi materi lembar kerja peserta didik telah sesuai dengan materi bangun ruang sisi datar, sintaks Discovery Learning, (b) tulisan, gambar, dan desain pada lembar kerja peserta didik menarik sehingga mudah digunakan pada validasi konstruksi, (c) kalimat yang digunakan sederhana, mudah dipahami dan jelas serta penggunaan tanda baca yang tepat pada validasi bahasa, (2) sangat praktis dari 12 aspek penilaian dengan kecenderungan sangat setuju yang didapat dari petunjuk pengguna, langkah-langkah, dan permasalahan pada lembar kerja peserta didik mudah dipahami dan mudah digunakan, (3) Efektif berdasarkan hasil perhitungan N Gain kemampuan pemahaman konsep matematis dengan skor rata-rata 0,75 berada pada kategori tinggi dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 83,33% tuntas KKM. Kata Kunci: 4 – D, Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19948 |
Actions (login required)
View Item |