PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Tazia, Leadyania Hasbilah and Nurul, Astuty Yensy and Teddy, Alfra Siagian (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CETAK + PLAGIARISME_compressed (1) - 006 Leadyania hasbilah tazia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa dalam melibatkan proses suatu tugas yang metode pemecahanya belum diketahui lebih dahulu, untuk mengetahui penyelesaiannya siswa perlu memetakan pengetahuan mereka. Bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang metode pemecahannya memerlukan strategi dan pemikiran yang kreatif berisi ide-ide matematika atau konsep matematika. Pendekatan Realistic mathematics education sangat cocok diterapkan karena berkaitan erat dengan kemampuan pemecahan masalah serta mampu menghubungkan ide-ide matematika dengan kehidupan sehari-hari sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment research) dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini ialah kelas VIII E yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling, sampel tersebut terdiri dari 30 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test dan skor N-Gain. Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:33
Last Modified: 14 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19949

Actions (login required)

View Item View Item