PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI MIPA SMA N 2 KOTA BENGKULU

Yulia, Irma and Connie, Connie and Eko, Risdianto (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI MIPA SMA N 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI LENGKAP IRMA YULIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inquiry berbantuan simulasi PhET dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian ini mengikuti desain ADDIE yang dibatasi pada tahap Development. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA D SMA N 2 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Hasil validasi ahli menunjukan bahwa LKPD berbasis Inquiry berbantuan simulasi PhET telah memenuhi standar kelayakan isi, kebahasaan, dan kemenarikan tampilan. Hal tersebut didukung dengan hasil uji respon siswa terhadap LKPD dengan persentase 84.8% termasuk pada kategori sangat baik. Hasil analisis data test peserta didik setelah penggunaan LKPD menunjukan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep materi gelombang cahaya dengan skor N-gain 0.76 diakhir pertemuan dengan kategori tinggi dan keefektifan peningkatan penguasaan konsep dengan klasifikasi Tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD yang dihasilkan telah valid dengan tanggapan peserta didik yang baik dan efektif meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Kata kunci: LKPD, Inquiry, Simulasi PhET, Penguasaan konsep

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 24 Nov 2019 07:56
Last Modified: 24 Nov 2019 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19949

Actions (login required)

View Item View Item