PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KOMIK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU

Alvina, Janna and Nurul, Astuty Yensy and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KOMIK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI JANNA ALVINA_A1C018015_5 MB - Janna Alvina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa e-modul berbasis komik pada materi statistika yang telah diukur tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya, sehingga dapat membantu guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini ialah kelas VIII-3 dan kelas VIII-9 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, kelas VIII-3 diuji untuk mengetahui tingkat kepraktisan bahan ajar e-modul berbasis komik pada 30 peserta didik, sedangkan tes hasil belajar dilakukan kepada kelas VIII-9 yaitu berupa soal berganda sebanyak 15 soal yang telah berkategori valid berdasarkan pendapat validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) e-modul berbasis komik pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid dengan uraian skor yaitu : validasi konstruk 98,91% ; validasi bahasa 75% ; validasi media 90,90% serta validasi materi 83,82%, 2) E-modul berbasis komik pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria praktis dengan skor 83,95%. 3) e-modul berbasis komik pada materi statistika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria efektif dengan uraian skor yaitu : aktivitas peserta didik 94,44% yang berkategori sangat efektif, respon peserta didik 82,08% yang berkategori efektif, serta hasil belajar peserta didik >75, sehingga berkategori efektif. Kata Kunci : Pengembangan, E--modul, komik, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:33
Last Modified: 14 Aug 2024 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item