Juwindah, Juwindah and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI JUWINDAH A1C019051 - 051_Juwindah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara model Problem Based Learning dan Discovery Learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas sampel yaitu kelas VIII.A (kelas Problem Based Learning) yang berjumlah 29 orang dan kelas VIII.D (kelas Discovery Learning) yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari pengujian hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh nilai thitung = 2,41 > ttabel = 2,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:33 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:33 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19951 |
Actions (login required)
View Item |