PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERBANKAN DENGAN MEDIASI INTELLECTUAL CAPITAL ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di OJK Periode 2015-2019)

Qonita El Pagunsie, Mifta and Saiful, Saiful and Husaini, Husaini (2021) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERBANKAN DENGAN MEDIASI INTELLECTUAL CAPITAL ( Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di OJK Periode 2015-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Mifta Qonita El Pagunsie (C1C017144)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris pengaruh corporate governance terhadap kinerja perbankan dengan mediasi intellectual capital. Kinerja perbankan dalam penelitian ini dikukur dengan Return On Equity (ROE). Corporate governance dihitung dengan menggunakan variabel dummy dan intellectual capital diproksikan menggunakan Value Added Intellectual Coefficient (VAIC). Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 24. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdapat di Indonesia tahun 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 340 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel level transparansi dan pengungkapan (LTP )dan kejelasan struktur kepemilikan dan pengendalian (KSKP) berpengaruh positif terhadap kinerja perbankan sedangkan variabel kualitas dewan komisaris (KDK), kejelasan hak pemegang saham dan hubungan dengan investor (KHPS) dan kualitas komite audit (KKA) tidak berpengaruh positif. Variabel KDK berpengaruh positif terhadap intellectual capital sedangkan variabel LTP, KHPS, KSKP dan KKA tidak berpengaruh positif. Variabel intellectual capital berpengaruh positif terhadap kinerja perbankan. Lalu variabel intellectual capital dapat memediasi hubungan LTP dan KSKP, sedangkan variabel intellectual capital tidak dapat memediasi hubungan pada variabel KDK, KHPS dan KKA. Implikasi dalam penelitian ini yaitu memberikan informasi teoritis mengenai resource dependence theory dan stewardship theory. Reource dependence theory membahas tentang bagaimana sumber daya suatu organisasi mempengaruhi organisasi itu sendiri. Sedangakan stewardship theory membahas mengenai pelayanan merupakan dasar dari stewardship theory yang mengemukakan bahwa perilaku dapat dibentuk agar selalu dapat diajak bekerja sama dalam organisasi, mengutamakan kepentingan kolektif atau bersama daripada kepentingan pribadi dan selalu bersedia untuk melayani (Davis dkk.,1997). Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai corporate governance, intellectual capital dan pengaruhnya bagi kinerja perbankan Keterbatasan penelitian ini yaitu masih memiliki masalah dalam uji normalitas sehingga penelitian ini belum mampu memenuhi semua asumsi klasik dan penelitian ini hanya mendeteksi kinerja perbankan menggunakan variabel corporate governance dan mediasi melalui intellectual capital. Sedangkan masih terdapat variabel lain yang mungkin dapat dijadikann indikator. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel mekanisme corporate governanve seperti kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan independensi komite audit, menggunakan sampel penelitian dari bidang perusahaan yang lainnya seperti perusahaan manufaktur dan sebagainya dan menambah proksi kinerja perusahaan yang lain seperti tobin’s q dan operational efficiency ratio.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:48
Last Modified: 14 Aug 2024 03:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19954

Actions (login required)

View Item View Item