PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Fierda, Natasya Anggraini and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_NATASYA ANGGRAINI FIERDA_A1C019042_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 042 Natasya Anggraini Fierda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi datar merupakan pembelajaran matematika yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan materi prasyarat untuk materi selanjutnya sehingga diperlukan pemahaman konsep yang baik dari materi tersebut. Model Project Based Lerning sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep melalui pengerjaan proyek dan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment research) dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini ialah kelas VIII F yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel tersebut terdiri dari 28 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal uraian. Nilai rata-rata pretest kemampuan pemahaman konsep adalah 50,00 dan nilai rata-rata post-test kemampuan pemahaman konsep adalah 78,57. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test dan skor N- Gain. Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh nilai 10,95 > 2,05 dan hasil perhitungan N-Gain diperoleh 0,60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Eksperimen Semu, Kemampuan Pemahaman Konsep, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:48
Last Modified: 14 Aug 2024 03:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item