PENERAPAN TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PTK di SMAIT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah)

Putra, Wahyudi and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2023) PENERAPAN TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK IN HOUSE TRAINING (IHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PTK di SMAIT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
WAHYUDI PUTRA BEBAS PRPUSTAKAAN UNIB - wahyudi putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik supervisi akademik In- House Training (IHT) untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK di SMA IT Ma'had Rabbani Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kepengawasan yang terdiri dari tiga siklus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, instrumen penilaian, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan dimana pada tahap pra-siklus hanya 20% guru yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK namun setelah penerapan tindakan ini seluruh guru 100% berhasil menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teknik supervisi akademik IHT dengan pendampingan individu yang mendalam terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Media Pembelajaran, Supervisi Akademik IHT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:11
Last Modified: 14 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item View Item