KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TATA USAHA DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Hartati, Yuli and Sumarsih, Sumarsih and Asti, Putri Kartiwi (2023) KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TATA USAHA DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
YULI HARTATI BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - wahyudi putra.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja tata usaha di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini meggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tata usaha SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya adalah Kepala sekolah selalu melibatkan bawahan dalam mengambil keputusan guna meningkatkan kinerja tata usaha. Kepala sekolah membangun komunikasi dua arah dalam meningkatkan kinerja tata usaha. Kepala sekolah mendorong bawahan dalam meningkatkan kinerja tata usaha. Hal ini dilakukan sebagai bentuk motivasi agar staf tata usaha dapat bekerja pada suasana yang harmonis, mendapatkan pengakuan atas prestasi, dan diberikan apresiasi atas keberhasilan kinerjanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bengkulu memiliki budaya kerja yang mengedepankan komunikasi positif, kenyamanan fisik, penghargaan terhadap pekerjaan, kepemimpinan yang responsif, dan pengembangan karyawan yang aktif, dan kolaboratif Kata kunci : Kepala sekolah, Kepemimpinan partisipatif, Tata usaha

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:10
Last Modified: 14 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item