PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Utami, Ricke Leosita and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FULL RICKE - Ricke Leosita Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran sains berbasis proyek terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir Original dan menganalisis hubungan kemampuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, dan kemampuan berpikir Original dalam pembelajaran sains berbasis proyek dengan media PowerPoint interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen mengunakan desain pretest-posttest control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, instrumen soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran sains berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir lancar pada kelas kontrol sebesar 51. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 91. Penggunaan media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran sains berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir luwes. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir luwes pada kelas kontrol sebesar 46. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 93. Penggunaan media PowerPoint interaktif dalam pembelajaran sains berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir Original. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir Original pada kelas kontrol sebesar 45. Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 89. Selanjutnya tidak ada hubungan dimensi kemampuan berpikir lancar, luwes dan Original dengan menggunakan media PowerPoint dalam pembelajaran sains berbasis proyek. Kata kunci : Media PowerPoint Interaktif, PjBL , Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19973

Actions (login required)

View Item View Item