PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Herawati, Marisha and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
MARISHA HERWANTI -A2G021080_compressed - Marisha Herwanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan hubungan pembelajaran IPA dengan model PBL berbantuan media komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dimensi menyimpulkan dan dimensi penjelasan lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen menggunakan desain pretest- posttest control group design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, instrument soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model PBL berbantuan media komik digital berpengaruh signifikan terhadap dimensi menyimpulkan. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest dimensi menyimpulkan pada kelas kontrol sebesar 72, sementara untuk rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85. Penggunaan model PBL berbantuan media komik digital berpengaruh signifikan terhadap dimensi penjelasan lanjut. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest dimensi menyimpulkan pada kelas kontrol sebesar 75, sementara untuk rata- rata posttest kelas eksperimen sebesar 88. Selanjutnya terdapat hubungan kemampuan berpikir kritis dimensi menyimpulkan dan penjelasan lanjut dalam pembelajaran IPA dengan model PBL berbantuan media komik digital. Hal itu ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,004 dan memiliki hubungan cukup kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,595. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Media Komik Digital, Kemampuan Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19974

Actions (login required)

View Item View Item