Dalena, Marya and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN PAKET MEDIA MINIATUR SISTEM TATA SURYA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS VI SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text
MARYA DALENA (A2G021040) - Maria Dalena.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengembangan paket media miniatur sistem tata surya dan mendeskripsikan kelayakan logis media miniatur sistem tata surya dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VI SD. Dimana dalam proses pembelajaran guru menjelaskan materi ajar kepada siswa lalu memberikan tugas, media yang digunakan pada saat pembelajaran berupa gambar-gambar sistem tata surya dimana gambar itu di print out menggunakan kertas hvs dan di tempel dipapan tulis, kelemahan media gambar tersebut ukuranya kecil dan sulit dijangau semua siswa Penjelasan materi sistem tata surya dilakukan secara lisan dengan panduan dari buku dan divisualisasikan dengan gambar-gambar sistem tata surya. penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu R & D (Reseacrh and Development). Prosedur pengembangan media Miniatur Tata Surya yang terintegrasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada penelitian ini mengadopsi model ADDIE. Data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif pada Tahap validasi produk berupa kritik, saran, dan tanggapan validator dalam perbaikan media. Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini adalah wawancar, tes, observasi, survey dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Media miniatur tata surya sebagai objek tiga dimensi yang dapat disentuh, diputar saat digunakan. Tidak hanya miniatur ada juga kartu planet yang dapat menunjang dan memperjelas gambar planet. Media miniatur tata surya ini dalam pengembanganya menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. penggunaan media miniatur tata surya pada pembelajaran kooperatif tipe NHT cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VI SDIT UMMI Kota Bengkulu. Kemudian keefektifan juga dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah termasuk dalam katagori cukup efektif sementara untuk rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol adalaha termasuk dalam kategori kurang efektif. Kata Kunci : Paket Miniatur, Sistem Tata Surya, Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 04:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19975 |
Actions (login required)
View Item |