PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT, (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV

Sari, Yebby Yelita and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT, (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS YEBBY (A2G021065) pdf-compressed - Maria Dalena.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan, mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektivitas pengembangan LKPD IPA berbasis STM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and development). Model penelitian dalam pengembangan LKPD adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar validasi, pedoman wawancara dan lembar analisis dokumen, angket, lembar tes, teknik analisa data pada penelitian ini analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai LKPD dalam muatan IPA kelas IV. Hasil validasi ahli 0,91 dari validasi ahli materi, 0,83 dari validasi bahasa, serta 0,80 dari validasi ahli desain. Respon pengguna sangat baik karena hasil analisis angket peserta didik memperoleh presentase 87,47%dengan kriteria sangat praktis. LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 40 Kota Bengkulu. Hal ini berdasarkan hasil nilai perhitungan uji N-gain score di atas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) dari kelas kontrol adalah 0,1600 atau 15.9979% sedang. Sementara untuk N-gain score kelas eksprimen adalah 0,3376 atau 33,7569 % termasuk kategori sedang. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik , Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19977

Actions (login required)

View Item View Item