PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SD

Lestari, Tri Moka and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TRI MOKA LESTARI LENGKAP - Tri Moka Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemanfaatan media augmented reality dengan flash card dalam pembelajaran sains berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi aspek menganalisis,evaluasi,mencipta pada siswa kelas 5, Menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi aspek analisis, evaluasi bersama sama dengan aspek mencipta. Jenis penelitian yang dgunakan adalah penelitian quasy eksperimen atau ekaperimen semu dengan mengunakan desain pretest-posttest control group design. Desain penelitian ini melalui beberapa proses yaitu pretest, pelaksanaan pembelajaran pada kelas ekperimen dan kelas kontrol dan pelaksanaan posttest. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, analisis kebutuhan, instrumen soal, lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian uji N-Gain aspek analisis Kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes sebesar 72,00 sedangkan pada kelas ekperimen dengan rata-rata hasil tes sebesar 83,24. Berdasarkan hasil penelitian uji N-Gain aspek evaluasi Kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes sebesar 72.86 sedangkan pada kelas ekperimen dengan rata-rata hasil tes sebesar 84.84. Berdasarkan hasil penelitian uji N-Gain aspek mencipta kelas kontrol pada penelitian ini rata-rata hasil tes sebesar 74.40 sedangkan pada kelas ekperimen dengan rata-rata hasil tes sebesar 84.80. Terdapat hubungan antara berpikir tingkat tinggi aspek analisis, evaluasi bersama sama dengan aspek mencipta. diperoleh nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci : Media Augment Reality, flash card, PjBL, Sains, HOTS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item View Item