ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara)

Novardi, Alfian and Edi, Soetrisno and Bieng, Brata (2019) ANALISIS SALURAN PEMASARAN USAHA PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Satu Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LENGKAP ALFIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Itik merupakan salah satu jenis ternak yang saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi pecinta kuliner. Pemanfaatan itik selain terkenal dengan kulinernya, itik juga dimanfaatkan sebagai itik petelur dimana telur itik dapat dibuat untuk telurasin atau telur sebagai sumber protein. Salah satu kelemahan usaha peternakan itik masih kurangnya pengetahuan peternak mengenai pola pemasaran. Dalam kaitannya dengan rantai pemasaran ternak itik, maka dalam penelitian ini akan mendeskripsikan pola pemasaran ternak yang dibangun melalui bagaimana cara penjualan ternak, bagaimana penentuan harga dan waktu penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji saluran pemasaran ternak itik pada satu peternak di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 pola pemasaran usaha peternakan pada satu peternak itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara meliputi saluran pemasaran I yaitu dari peternak langsung menjual ke konsumen akhir, saluran pemasaran II peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian kepedagang pengecer dan sampai kekonsumen akhir, saluran pemasaran III peternak menjual ternak kepada pedagang pengecer kemudian ke konsumen akhir, saluran pemasaran IV peternak menjual ternak kepada pedagang pengumpul kemudian ke konsumen akhir. Saluran pemasaran paling efisien yaitu saluran pemasaran I namun pada saluran ini konsumen tidak menentu saat pembelian ternak, dan saluran yang efisien pada saluran III pedagang pengecer.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:01
Last Modified: 30 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item View Item