PENGEMBANGAN WORKSHEET PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN PADA TOPIK KONSERVASI ENERGI BERBASIS PANEL SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Vandhita, Avinda Tria and Euis, Nursaadah and Afrizal, Mayub (2023) PENGEMBANGAN WORKSHEET PREDICT-OBSERVE- EXPLAIN PADA TOPIK KONSERVASI ENERGI BERBASIS PANEL SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS AVINDA - Avinda Tria Vandhita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan worksheet POE (Predict-Observe-Explain) dengan topik konservasi energi berbasis panel surya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 3D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis konsep sains dalam panel surya dengan menganalisis factor klimatologi yang mempengaruhi arus, tegangan, dan daya pada panel surya. Tahap perancangan yaitu untuk merancang format worksheet dan instrument penilaian keterampilan berpikir kritis yang berdasarkan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Pada tahap pengembangan dilakukan implementasi worksheet konservasi energi yang telah divalidasi di MTSN2 Kepahiang kepada 15 orang siswa kelas IX. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angkat validasi worksheet dan angket validasi soal pretest-postest kepada dosen ahli dan guru fisika. Kelayakan dari produk worksheet dan soal pretest post-test dilakukan dengan menggunakan analisis formula Aiken. Pemberian soal pretest-posttest untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Topik konservasi energi didasari oleh karakteristik rangkaian seri, rangkaian parallel, dan rangkaian gabungan seri-paralel panel surya. (2) Telah dihasilkan worksheet topik konservasi energi berbasis POE dengan indeks aiken V sebesar 0.85 kategori sangat valid dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan worksheet POE pada topik konservasi energi ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0.5 dengan kategori peningkatan sedang Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi 0.00 < 0.05 dan nilai t hitung - 22.771 < - 2.145 t tabel bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan worksheet konservasi energi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menggunakan worksheet keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, konservasi energi, panel surya, POE, worksheet

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 05:00
Last Modified: 14 Aug 2024 05:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19980

Actions (login required)

View Item View Item