FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMILIKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG RAKYAT SISTEM GADUHAN DAN NON GADUHAN DI DESA SUKASARI KABUPATEN SELUMA

Miko, Arkah and Dadang, Suherman and Sutriyono, Sutriyono (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPEMILIKAN USAHA TERNAK SAPI POTONG RAKYAT SISTEM GADUHAN DAN NON GADUHAN DI DESA SUKASARI KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
PDF SKRIPSI Arkah Miko .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Beberapa peternak sapi potong di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu melakukan usaha peternakan dengan pola kepemilikan sistem gaduhan dan non gaduhan. Sistem gaduhan merupakan sistem kepemilikan berbentuk kemitraan, yaitu bentuk pemeliharaan dengan sistem kerjasama antar pemilik modal dan peternak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan usaha ternak sapi potong rakyat sistem gaduhan dan non gaduhan di kabupaten seluma. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantittatif. Data yang dikumpul meliputi: umur (Xl), tingkat pendidikan (X2), pengalaman beternak (X3), jumlah Ternak (X4) jumlah tanggungan (X5) dan luas lahan (X6). Data tersebut dianalisis dengan dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah peternak sapi potong sistem gaduhan dan non gaduhan. Adapun peternak sapi potong sistem gaduhan berjumlah 24 peternak dan non gaduhan berjumlah 19 peternak. Pemilihan responden dalam penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha ternak sapi potong sistem gaduhan adalah umur, tingkat pendidikan dan luas lahan, kepemilikan pengalaman beternak dan jumlah tanggungan tidak mempengaruhi usaha ternak sapi potong sistem gaduhan. Berdasarkan Nilai R2 sebesar 0.780 menunjukkan bahwa 78.3% kepemilikan sapi potong sistem gaduhan dipengaruji variabel jumlah tanggungan keluarga, umur, jumlah ternak, pengalaman beternak dan pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha ternak sapi potong sistem non gaduhan adalah tingkat pendidikan, pengalaman beternak, jumlah tanggungan sedangkan umur dan luas lahan tidak berpengaruh nyata terhadap kepemilikan sapi potong sistem non gaduhan. Berdasarkan Nilai R2 sebesar 0.780 menunjukkan bahwa 78% kepemilikan sapi potong sistem non gaduhan dipengaruji variabel jumlah tanggungan keluarga, umur, jumlah ternak, pengalaman beternak dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:30
Last Modified: 30 Oct 2019 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item