PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT KULIT DURIAN YANG DIFERMENTASI Pleurotus ostreatus TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH FRIES HOLLAND LAKTASI

Dani, Icuk Rahma and Endang, Sulistyowati and Tris, Akbarillah (2019) PENGARUH PEMBERIAN KONSENTRAT KULIT DURIAN YANG DIFERMENTASI Pleurotus ostreatus TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH FRIES HOLLAND LAKTASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ICUK RAHMADANI-E1C015037.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Sapi perah Fries Holland (FH) merupakan jenis sapi perah yang memiliki produksi yang baik dibandingkan jenis sapi perah yang lain. Sapi perah FH di Indonesia menghasilkan produksi susu berkisar 3000- 4000 kg/laktasi. Performa produksi susu sapi perah FH didukung oleh pakan. Pakan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan dan menghabiskan biaya relatif besar dari total produksi. Pakan alternatif dari limbah menjadi salah satu solusi. Provinsi Bengkulu merupakan penghasil buah durian (Durio zibethinus Murr) yang mencapai 5040,8 ton/tahun, dari jumlah ini dihasilkan limbah berupa kulit durian sebanyak 60%- 70%, setara dengan 3276,52 ton/tahun. Kulit durian akan dijadikan pakan alternatif yang dapat meningkatkan kualitas pakan ternak. Kulit durian mengandung kadar serat kasar yang tinggi sehingga proses fermentasi dapat diterapkan dalam pengolahan limbah yaitu dengan menggunakan jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) untuk mengurai ikatan lignin tersebut sehingga diharapkan dapat menurunkan kandungan serat kasar dan menaikkan protein kasar. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pemberian konsentrat kulit durian yang difermentasi Pleorotus ostreatus terhadap produksi susu sapi perah FH. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL), dengan perlakuan KDF0: konsentrat mengandung 30% dedak + 0 % tepung kulit durian fermentasi, KDF1 : konsentrat mengandung 20% dedak + 10% tepung kulit durian fermentasi, KDF2: konsentrat mengandung 10% dedak + 20% tepung kulit durian fermentasi, KDF3: konsentrat mengandung 0 % dedak + 30% tepung kulit durian fermentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pakan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap produksi susu, konsumsi total bahan kering, konsumsi total protein kasar dan konsumsi total serat kasar, dengan rataan produksi susu KDF0: 12,3 kg/ekor/hari, KDF1: 9,12 kg/ekor/hari, KDF2 : 11,5 kg/ekor/hari dan KDF3: 10,5 Kg/ekor/hari sedangkan pada air minum tidak berpengaruh nyata (P>0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pakan yang mengandung kulit durian fermentasi dengan level 10% - 30% dalam ransum memperoleh produksi susu yang baik pada level pemberian 20 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2019 09:03
Last Modified: 30 Oct 2019 09:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19994

Actions (login required)

View Item View Item