PENGARUH FIRM-CREATED SOCIAL MEDIA DAN CELEBRITY ENDORSMENT DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU

Hadiktiara, Anike and Seprianti, Eka Putri and Rina, Suthia Hayu (2021) PENGARUH FIRM-CREATED SOCIAL MEDIA DAN CELEBRITY ENDORSMENT DI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANIKE HADIKTIARA.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin meningkat. Berbagai teknologi baru diciptakan, termasuk teknologi telekomunikasi. Smartphone telah muncul di pasar dan saat ini merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat segmen dalam industri telekomunikasi (Cecere, Corrocher dan Battaglia, 2015: 1). Di Indonesia smartphone menjadi kebutuhan primer khususnya di perkotaan ( Hutasoit, 2017). Cheah, (2017) menyatakan bahwa sekarang orang Indonesia sedang membuat smartphone sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Seiring dengan semakin berkembangnya Sistem Operasi Android, Samsung telah benar-benar mendominasi pasar ponsel saat ini. Samsung merupakan salah satu perusahaan yang terbesar didunia. Dengan kualitas produk yang sangat terpercaya sebagai produk paling diminati masyarakat dari segi kualiatas produk, desain produk, harga hingga citra mereknya sehingga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan empat variabel yaitu Firm-created social media, Celebrities-created social media, brand awareness dan purchase intention. Firm-created social media didefinisikan adalah platform media sosial seperti Instagram menawarkan kesempatan bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan orang lain/konsumen (Schivinski dan Dabrowski, 2013). Celebrities-created Social Media adalah adalah para pengiklan dan biro-biro periklanan bersedia membayar harga yang tinggi kepada kaum selebriti tersebut yang disukai dan dihormati oleh khalayak yang menjadi sasaran dan yang diharapkan akan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang baik terhadap produk yang didukung menurut Shimp (2010). Brand Awareness merupakan kemampuan dari konsumen potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa suatu merek termasuk ke dalam kategori suatu produk (Keller 2005). Purchase Intention didefinisikan sebagai suatu komitmen ataupun probabilitas yang dimiliki oleh konsumen untuk membeli ataupun menggunakan suatu produk atau jasa yang diproduksi, dihasilkan ataupun dijual oleh suatu perusahaan Wilson dan Keni (2018).Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Menguji pengaruh firm-created social media terhadap purchase intention (2) Menguji pengaruh celebrities�created social media terhadap purchase intention (3) Menguji pengaruh firm�created social media terhadap brand awareness (4) Menguji pengaruh celebrities�created social media terhadap brand awareness (5) Menguji pengaruh brand awareness terhadap purchase intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang mengetahui tentang produk Samsung dan yang pernah niat membeli produk Samsung.. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 154 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS versi 3.2.8

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:44
Last Modified: 14 Aug 2024 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19999

Actions (login required)

View Item View Item