PENGARUH VARIETY OF SELECTION, SENSORY ATTRIBUTE, PRICE DISCOUNT, UTILITARIAN BROWSING, DAN HEDONIC BROWSING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA BENGKULU

Cirem Mita Sinamo, Aprijal and Fachri, Eka Saputra and Rina, Suthia Hayu (2021) PENGARUH VARIETY OF SELECTION, SENSORY ATTRIBUTE, PRICE DISCOUNT, UTILITARIAN BROWSING, DAN HEDONIC BROWSING TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI CIREM MITA SINAMO-dikonversi (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Saat ini, tidak semua konsumen melakukan pembelian secara rasional dan logis ketika sedang berbelanja. Pembelian secara online cenderung menunjukkan rasa emosional atau impulsif. Pembelian impulsif ini dapat dipengaruhi oleh dorongan yang muncul dari dirinya sendiri dan kuatnya stimulus yang diberikan. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah variety of selection buying pada e-commerce Shopee. (5) hedonic browsing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hal ini berarti bahwa semakin banyak pengunjung e-commerce Shopee yang mengalami hedonic browsing maka akan meningkatkan pembelian impulsif. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang impulse buying, dan menyarankan kepada pemilik perusahaan e-commerce Shopee untuk lebih memperhatikan tentang variety of selection, sensory attribute, price discount, utilitarian browsing, dan hedonic browsing agar mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian impulsif pada produk yang mereka jual. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mendalam mengenai impulse buying terhadap e-commerce lainnya selain e-commerce Shopee berpengaruh terhadap impulse buying (2) apakah sensory attribute berpengaruh terhadap impulse buying (3) apakah price discount berpengaruh terhadap terhadap impulse buying (4) apakah utilitarian browsing berpengaruh terhadap impulse buying 5) apakah hedonic browsing berpengaruh terhadap terhadap impulse buying. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Bengkulu yang pernah berbelanja pada e-commerce Shopee. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 242 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic 22.0. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis, uji-t, dan uji R2 . Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) variety of selection berpengaruh negatif namun signifikan terhadap impulse buying, ini dapat diartikan semakin beragam pilihan produk yang ditawarkan oleh e-commerce Shopee maka akan cenderung menurunkan pembelian impulsif para pengunjung pada e-commerce Shopee. (2) sensory attribute berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hal ini berarti bahwa semakin lengkap dan jelas informasi atribut sensori produk yang ditawarkan oleh e-commerce Shopee maka akan meningkatkan pembelian impulsif para pengunjung pada e-commerce Shopee. (3) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi potongan harga yang diberikan e-commerce Shopee maka impulse buying akan meningkat. (4) utilitarian browsing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap terhadap impulse buying pada pengguna e-commerce Shopee di kota Bengkulu. Dapat disimpulkan bahwa apabila terjadi peningkatan terhadap utilitarian browsing, maka belum tentu hal tersebut akan meningkatkan impulse

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:11
Last Modified: 15 Aug 2024 02:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20001

Actions (login required)

View Item View Item