PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK PADA PEMBELI SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BENGKULU

Arpiansyah, Rizky and Seprianti, Eka Putri and Sularsih, Anggarawati (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN MEREK PADA PEMBELI SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Rizky Arpiansyah (C1B015071).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Di era modern saat ini, hampir semua lapisan masyarakat menggunakan smartphone dalam membantu aktifitas mereka dengan berbagai merek yang dan spesifikasi yang berbeda-beda. Sekarang sudah banyak bermunculan berbagai merek smartphone yang menawarkan spesifikasi terbaik yang mampu mereka tawarkan dengan memberikan harga yang terjangkau. Hal ini merupakan salah satu faktor penyebab adanya persaingan antar merek smartphone untuk menarik minat penggunaan terhadap produk mereka. Pengguna smartphone berasal dari berbagai rentang usia mulai dari anak-anak, ramaja, hingga orang dewasa. Beberapa merek smartphone yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat antara lain, yaitu Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Iphone.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh kepercayaan merek pada pengguna smartphone Xiaomi di Kota Bengkulu. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah kualitas produk dan citra merek. Selain kedua faktor tersebut, faktor lain yang turut memberikan pengaruh pada keputusan pembelian konsumen adalah kepercayaan merek. Jika kepercayaan merek semakin meningkat, maka pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian semakin besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yaitu penelitian yang mengambil data secara langsung di lapangan. Data penelitian yang digunakan adalah konsumen pengguna/pembeli smartphone XIAOMI di Kota Bengkulu. Metode analisis yang dipergunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SEM￾PLS. x Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2,755799 > t-tabel 1,960; (2) Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 5,823927 > t-tabel 1,960; (3) Variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan merek konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 3,979925 > t-tabel 1,960; (4) Variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan merek konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 5,057494 > t-tabel 1,960; (5) Variabel kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi, dibuktikan dengan nilai t�hitung sebesar 8,026690 > t-tabel 1,960; (6) Kepercayaan merek memediasi secara penuh (partially mediating) pada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi; dan (7) Kepercayaan merek memediasi secara penuh (partially mediating) pada pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk handphone Xiaomi. Beberapa saran yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut : (1) Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap smartphone Xiaomi, yakni dengan melakukan event-event tertentu seperti penggalangan dana sosial, ajang modifikasi smartphone Xiaomi dan sebagainya; (2) Melakukan inovasi produk dengan desain, warna dan bentuk yang menarik, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk; dan (3) Meningkatkan promosi produk melalui media iklan, pemberian potongan harga, hadiah atau souvenir sehingga konsumen berminat untuk membeli produk smartphone Xiaomi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 10:24
Last Modified: 14 Aug 2024 10:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item