Achyar, Novra and Syamsul, Bachri and Willy, Abdillah (2021) CUSTOMER EXPERIENCE DALAM STRATEGI OPERASI LAYANAN PADA PANGKAS RAMBUT REMINGTONES DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Semakin hari persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat terutama dibidang pelayanan dan jasa, hal ini dapat terlihat dari segi kemunculan usaha yang bergerak di bidang jasa, seperti jasa pangkas rambut Remingtones yang ada di Kota Bengkulu. Upaya – upaya yang dilakukan perusahaan untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan berbagai strategi dan cara, tentunya dengan menerapkan strategi operasi layanan dengan baik dan bagaimana strategi operasi layanan tersebut dapat memberikan kesan dan menciptakan pengalaman bagi pelanggan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pelanggan tentang pengalaman pelanggan terhadap strategi operasi layanan pada pangkas rambut Remingtones di Kota Bengkulu. Oleh karena itu, judul penelitian ini adalah “Pengalaman Pelanggan Terhadap Strategi Operasi Layanan pangkas rambut Di Kota Bengkulu”. Menciptakan emosional pelanggan yang akan menjadi antusias terhadap pelayanan dan harga yang ditawarkan sehingga pelanggan tertarik untuk datang kembali, pelanggan akan meningkatkan daya beli dan menceritakan tentang pengalaman mereka kepada orang lain. Dengan demikian, menciptakan pengalaman pelanggan merupakan sarana untuk mendukung merek, membedakan penawaran layanan dan membangun jenis model bisnis baru. Penelitian ini membahas bagaimana perusahaan menggunakan pengalaman pelanggan dan bagaimana strategi operasi layanan harus merangkul ke aspek ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang menggunakan analisi faktor, teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik Accidental Sampling yaitu dengan penyebaran kuisioner melalui siapa saja yang ditemui yang telah menikmati jasa pangkas rambut Remingtones. Jumlah responden yang terkumpul adalah sebanyak 70 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa tanggapan responden tentang pengalaman Pelanggan terhadap strategi operasi jasa pangkas rambut Remingtones di Kota Bengkulu adalah baik dari keseluruhan dimensi panca indera, perasaan, pikiran, perlakuan dan relasi dengan nilai rata-rata 3,36. Panca indera menjadi pengalaman pelanggan pangkas rambut Remingtones yang paling mendominasi dalam konteks Strategi Operasi dengan nilai rata-rata 3,75 karena dalam memilih jasa tersebut pelanggan lebih tertarik pada fisik dan fasilitas yang ada pada Remingtones yang ditinjau dari kondisi fisik Karyawan, tampilan desain tempat dan fasilitas, lokasi yang strategis dan perlengkapan fasilitas-fasilitas kebutuhan pangkas yang memadai, sehingga karyawan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan baik. Berdasarkan hal di atas, maka disarankan agar jasa pangkas rambut Remingtones untuk memperbaiki dan meningkatkan keunikan pada tampilan desain agen dan fasilitas dengan memberikan tampilan desain dengan warna baru yang semenarik mungkin. Kemudian untuk memperbaiki dan meningkatkan kenyamanan kepada pelanggan dengan memberikan layanan yang benar-benar terjamin dengan baik dan meningkatkan kenyamanan kepada pelanggan dengan semaksimal mungkin melalui penambahan jumlah karyawan serta dapat seimbang dalam memberikan kenyamanan kepada pelanggan, memperbaiki sikap karyawannya dalam melayani pelanggan melalui pemberian arahan, pemahaman dan motivasi dari pimpinan. Memperbaiki penyampaian informasi dengan jelas dan akurat yang mudah dimengerti pelanggan dengan memberikan informasi yang sebenarnya kepada pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 10:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 10:29 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20008 |
Actions (login required)
View Item |