PENGARUH F-COMMERCE BROWSING, F-COMMERCE USAGE INTENSITY TERHADAP F-COMMERCE IMPULSE PURCHASE YANG DIMEDIASI OLEH URGE TO PURCHASE (Studi Empiris Pada Pengguna Facebook)

Riska Rahayu, Fadilla and Rina, Suthia Hayu and Effed, Darta Hadi (2021) PENGARUH F-COMMERCE BROWSING, F-COMMERCE USAGE INTENSITY TERHADAP F-COMMERCE IMPULSE PURCHASE YANG DIMEDIASI OLEH URGE TO PURCHASE (Studi Empiris Pada Pengguna Facebook). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MIRA GUSTIANINGSIH PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah f-commerce browsing berpengaruh terhadap f-commerce impulse purchase (2) apakah f-commerce usage intensity berpengaruh terhadap f-commerce impulse purchase (3)apakah f￾commerce browsing berpengaruh terhadap urge to purchase (4) apakah f￾commerce usage intensity berpengaruh terhadap urge to purchase (5) apakah urge to purchase berpengaruh terhadap f-commerce impulse purchase (6) apakah f￾commerce browsing yang dimediasi oleh urge to purchase berpengaruh terhadap f-commerce impulse purchase (7) apakah f-commerce usage intensity yang dimediasi oleh urge to purchase berpengaruh terhadap f-commerce impulse purchase Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu adanya pengujian hipotesis. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Dimana pengambilan sampel yang mengandalkan peserta penelitian dalam merekomendasikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner online melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Facebook. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 197 responden. Pengujian data dilakukan dengan alat analisis Amos Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa f-commerce browsing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap f-commerce impulse purchase. Sehingga semakin tinggi kegiatan f-commerce browsing seseorang, semakin tinggi juga tingkat f-commerce impulse purchase seseorang. F-commerce usage intensity juga memiliki pengarauh terhadap f-commerce impulse purchase, sehingga semakin tinggi f-commerce usage intensity seseorang maka semakin tinggi juga kecenderungan untuk terjadinya f-commerce impulse purchase. F-commerce browsing berpengaruh positif dan signifikan terhadap urge to purchase. Ini menunjukkan bahwa arah pengaruh tersebut adalah positif dimana semakin tinggi f-commerce browsing seseorang pada Facebook maka kecenderungan untuk melakukan f-commerce impulse purchase akan meningkat pula. Selain itu, adanya pengaruh positif f-commerce usage intensity terhadap urge to purchase ini menujukan bahwa semakin tinggi f-commerce usage intensity seseorang maka perilaku urge to purchase akan meningkat. Urge to purchase juga dapat meningkatkan terjadinya f-commerce impulse purchase. Pengaruh positif ini membuktikan bahwa tingginya urge to purchase seseorang juga dapat meningkatkan terjadinya f-commerce impulse purchase. Peran mediasi dari urge x xi to purchase diantaranya pengaruh f-commerce browsing terhadap f-commerce impulse purchase terbukti memiliki pengaruh yang positif. Pengaruh f-commerce usage intensity terhadap f-commerce impulse purchase dengan urge to purchase sebagai pemediasi juga memiliki pengaruh positif. Namun, pemediasi ini bersifat parsial dikarenakan f-commerce browsing dan f-commerce usage intensity juga dapat mempengaruhi f-commerce impulse purchase secara langsung dan signifikan tanpa adanya urge to purchase sebagai pemediasi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur dalam pemasaran yaitu dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa pengaruh langsung variabel dependen lebih besar ke variabel pemediasi urge to purchase dibandingkan dengan variabel dependen f-commerce impulse purchase. Seseorang mungkin sudah berencana untuk membeli sesuatu namun dengan adanya dorongan suatu kebutuhan atau dorongan lainnya hal tersebut dapat mengubah keputusan pembelian seseorang, sehingga hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai pembelian impulsif. Bagi perusahaan dan pelaku bisnis khususnya di Facebook untuk lebih memahami berbagai perilaku yang ditunjukan konsumen ketika sedang melakukan kegiatan f�commerce browsing dan f-commerce usage intensity. Karena hal ini dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan seperti munculnya urge to purchase serta terjadinya f-commerce impulse purchase. maka perusahaan harus menyiapkan dan menyusun strategi-strategi yang yang menguntungkan kedepannya. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh f-commerce browsing dan f-commerce usage intensity terhadap f-commerce impulse purcahse yang dimediasi oleh urge to purchase

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2024 10:37
Last Modified: 14 Aug 2024 10:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20010

Actions (login required)

View Item View Item