PENGARUH UKURAN BANK, PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN PERTUMBUHAN BANK TERHADAP STRUKTUR MODAL UNIT USAHA SYARIAH PERIODE 2010-2019

Monika, Reta and Fitri, Santi and Dewi, Rahmayanti (2021) PENGARUH UKURAN BANK, PROFITABILITAS, STRUKTUR AKTIVA, DAN PERTUMBUHAN BANK TERHADAP STRUKTUR MODAL UNIT USAHA SYARIAH PERIODE 2010-2019. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Reta Monika (C1B017014).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pendirian UUS merupakan syarat agar bank umum konvensional dapat memberikan layanan syariah. Bagi kegiatan operasional bank syariah, hal yang mendasar yang harus diperhatikan adalah struktur modal untuk menjaga keseimbangan antara memaksimalkan keuntungan dan pemenuhan prinsip syariah. Bank syariah biasanya menggunakan ekuitas dan simpanan bagi hasil (loss-profit-sharing). Struktur modal memiliki tujuan untuk menghasilkan laba yang maksimal, mensejahterahkan pemilik perusahaan dan memaksimalkan nilai perusahaan. Hal tersebut menyebabkan struktur permodalan perbankan dikelola dengan baik untuk kelancaran operasional. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran bank, struktur aktiva, dan pertumbuhan bank, terhadap struktur permodalan unit usaha syariah di Indonesia periode 2010-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah Unit Usaha Syariah di Indonesia yang terdafatar di OJK selama periode 2010-2019. Teknik pengambilam sampel dilakukan secara purposive sampling. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan unit usaha syariah yang dipublikasikan. Sampel penelitian ini adalah 17 bank unit usaha syariah di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel dengan menggunakan program Eviews 10 dan model fixed effect terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran bank berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas dan struktur aktiva berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, dan growth bank berpengaruh positif tidak signifikan terhadap struktur modal unit usaha syariah di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang dipertimbangkan bank dalam menentukan struktur permodalan adalah komposisi aset dan pendapatan yang diperoleh. Oleh karena itu, unit usaha syariah di Indonesia perlu mengoptimalkan pendapatan dan total aset yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:21
Last Modified: 15 Aug 2024 01:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item