PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MORAL PIMPINAN, LINGKUNGAN PEKERJAAN, RELIGIUSITAS DAN LOVE OF MONEY TERHADAP FRAUD INTENTION (STUDI PADA KARYAWAN BANK BENGKULU)

Delta Susi Novitasari, Aprijal and Rini, Indriani and Pratana, P. Midiastuti (2021) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MORAL PIMPINAN, LINGKUNGAN PEKERJAAN, RELIGIUSITAS DAN LOVE OF MONEY TERHADAP FRAUD INTENTION (STUDI PADA KARYAWAN BANK BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Delta Susi Novitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan kecurangan. Beberapa penelitian pun juga telah dilakukan untuk meneliti hal-hal mengenai kecurangan, baik itu faktor yang mempengaruhi maupun dampak yang ditimbulkannya. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh komitmen organisasi, moral pimpinan, lingkungan pekerjaan, religiusitas dan love of money terhadap fraud intention pada karyawan Bank Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Responden adalah seluruh pegawai/karyawan Bank Bengkulu yang bekerja pada bagian akuntansi dan teller. Pemilihan sampel pada dua bidang ini dengan pertimbangan bahwa kecurangan paling besar bisa terjadi pada bagian akuntansi dan teller. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana cara pengambilan subjek didasarkan atas adanya kriteria tertentu, yaitu pegawai/Karyawan Bank Bengkulu yang bekerja di bagian akuntansi dan teller baik yang berada di kantor pusat, kantor cabang, kantor cabang pembantu dan unit serta pegawai/karyawan Bank Bengkulu telah bekerja minimal 2 tahun. Pengumpulan data melalui survei online dengan google form: https://forms.gle/CEABc8qJczipyUCH7, sedangkan analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap fraud intention. Artinya, semakin tinggi komitmen karyawan terhadap organisasi maka keinginan melakukan kecurangan akan rendah. Sebaliknya, semakin rendah komitmen karyawan terhadap organisasi maka keinginan melakukan kecurangan akan semakin tinggi. Moral pimpinan berpengaruh negatif terhadap fraud intention. Artinya, semakin tinggi moral pimpinan maka keinginan melakukan kecurangan akan rendah. Sebaliknya, semakin rendah moral pimpinan maka keinginan melakukan kecurangan akan semakin tinggi. Lingkungan pekerjaan berpengaruh negatif terhadap fraud intention. Artinya, semakin baik lingkungan kerja maka keinginan melakukan kecurangan akan rendah. Sebaliknya, semakin buruk lingkungan kerja maka keinginan melakukan kecurangan akan semakin tinggi. Religiusitas berpengaruh negatif terhadap fraud intention. Artinya, semakin religius seorang karyawan maka keinginan melakukan kecurangan akan rendah. Sebaliknya, semakin kurang religius seorang karyawan maka keinginan melakukan kecurangan akan semakin tinggi. Love of money berpengaruh positif terhadap fraud intention. Artinya, semakin karyawan cinta uang maka keinginan melakukan kecurangan akan tinggi.Sebaliknya, semakin karyawan kurang cinta uang maka keinginan melakukan kecurangan akan semakin rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Akuntansi
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:55
Last Modified: 15 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20026

Actions (login required)

View Item View Item