PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING

endi, yufri and Indra, Sakti and Desy, Hanisa Putri (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive
SKRIPSI YUFRI ENDI (A1E014004).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model discovery learning, hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model problem based learning dan perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajarkan melalui model discovery learning dengan siswa yang diajarkan melalui model problem based learning di SMAN 5 Kaur. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik total sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X MIPA2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar penilaian psikomotorik untuk hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 kaur, model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 kaur dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-T dua sampel independen menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dengan model discovery learning dan problem based learning. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar yaitu thitung > ttabel (2,65 > 1,66). Kata kunci : Discovery learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 25 Nov 2019 00:22
Last Modified: 25 Nov 2019 00:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20032

Actions (login required)

View Item View Item