ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PENDAPATAN PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara)

Kacaribu, Mon Karina and Bieng, Brata and Dadang, Suherman (2019) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PENDAPATAN PETERNAKAN ITIK (Studi Kasus Peternak Itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Mon Karina Kacaribu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Bengkulu Utara merupakan salah satu sentral perkebunan karet dan sawit di Provinsi Bengkulu. Selain merupakan sentral pertanian, Bengkulu Utara juga merupakan sentral peternakan terutama dibidang ternak itik. Terutama di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik. Di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara terdapat peternak itik yang sudah menerapkan sistem perawatan intensif yaitu ternak itik yang diternakkan didalam kandang secara terus-menerus. Pada suatu usaha peternakan itik secara intensif pakan dan minum disediakan oleh peternak sehingga pakan yang diberikan sangat menentukan kualitas produksi dari itik baik itu telur maupun daging. Jumlah kepemilikan ternak itik di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara memiliki ternak antara 2 sampai 500 ekor ternak itik petelur yang menjadi sumber penghasilan peternak, namun belum adanya identifikasi yang jelas untuk mengetahui berapa besar pendapatan dari usaha peternakan itik di Desa Pematang Balam. Maka perlu adanya analisis pendapatan ternak itik di Desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pendapatan dan BEP (Break event point) peternak pada usaha peternakan itik di Desa Pematang Balam, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. penelitian menggunakan metode survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018. Jumlah responden yang digunakan yaitu satu peternak itik. Data di Analisis dengan deskirptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan peternak itik yaitu responden di Desa Pematang Balam Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu sebesar Rp 58.200.217/tahun. Selain itu juga diketahui nilai R/C ratio sebesar 1,69, nilai BEP harga (telur) sebesar Rp.1.471 dan nilai BEP produksi (telur) sebesar 42.147 butir/tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:15
Last Modified: 01 Nov 2019 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item View Item