KUALITAS DAN TINGKAT KESUKAAN KEJU LUNAK YANG TERBUAT DARI SUSU SAPI FRIES HOLLAND DENGAN PENAMBAHAN PASTA CABAI MERAH (Capsicum annum L) PENYIMPANANSELAMA 3 DAN 6 MINGGU

Khotimah, Nurul and Edi, Soetrisno and Endang, Sulistyowati (2019) KUALITAS DAN TINGKAT KESUKAAN KEJU LUNAK YANG TERBUAT DARI SUSU SAPI FRIES HOLLAND DENGAN PENAMBAHAN PASTA CABAI MERAH (Capsicum annum L) PENYIMPANANSELAMA 3 DAN 6 MINGGU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NURUL KHOTIMAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Variasi rasa keju yang beredar di masyarakat saat ini umumnya masih belum beragam dan masih original. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat kesukaan konsumen terhadap keju adalah dengan pemberian varian rasa pada keju. Rasa pedas adalah salah satu rasa yang diminati oleh masyarakat. Rasa pedas dapat diperoleh dari berbagai macam bahan salah satunya adalah cabai. Cabai merah (Capsicum annuum L) merupakan tanaman hortikultura yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan, pemanfaatannya dalam industri menjadikan cabai sebagai komoditas bernilai ekonomi tinggi dan memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan dengan pengukuran berulang pada penyimpanan 3 minggu dan 6 minggu. Perlakuan yang diberikan yaitu P1 (kontrol atau 0% pasta cabai merah), P2 (Keju + 2% pasta cabai merah), P3 (Keju + 4% pasta cabai merah),dan P4 (Keju + 6% pasta cabai merah). Variabel yang diamati yaitu uji organoleptik (warna, aroma, rasa, tekstur serta kesukaan) dan uji kualitas (kadar vitamin C dan uji TPC). Berdasarkan hasil penelitian perlakuan penambahan pasta cabai merah pada keju lunak dalam penyimpanan 3 minggu berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap uji organoleptik (warna, arom, rasa, dan tekstur), dan terhadap uji kualitas meliputi uji kadar vitamin C dan uji total plate count. Pada penyimpanan 6 minggu perlakuan penambahan pasta cabai merah pada keju lunak berpengaruh sangat nyata terhadap uji organoleptik (warna, aroma, rasa dan kesukaan) serta terhadap uji kadar viatamin C tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap uji total plate count. Penambahan pasta cabai merah pada keju lunak dengan penyimpana 3-6 minggu sebanyak 6% memiliki nilai rataan tertinggi pada variabel warna, aroma dan rasa, dan kadar vitamin C pada keju dengan penambahan pasta cabai merah sebanyak 6% memiliki nilai rataan tertinggi dan total plate count yang lebih rendah dibandingkan dengan penambahan 4% pasta cabai merah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:19
Last Modified: 01 Nov 2019 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item