PENGARUH SUHU DAN MASA PENYANGRAIAN BIJI KAKAO DIDAHULUI DENGAN PERENDAMAN DALAM AIR KELAPA TERHADAP BUBUK KAKAO YANG DIHASILKAN

Simatupang, Christopel and Pandu, Imam and Sigit, Mujiharjo (2019) PENGARUH SUHU DAN MASA PENYANGRAIAN BIJI KAKAO DIDAHULUI DENGAN PERENDAMAN DALAM AIR KELAPA TERHADAP BUBUK KAKAO YANG DIHASILKAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (|Thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kakao (thebroma cacao L). Merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang terus mendapat perhatian untuk dikembangkan. Upaya yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan biji kakao yakni dengan cara mengolah biji kakao menjadi bubuk kakao. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh suhu dan waktu penyangraian terhadap rendemen, kadar air, kadar lemak dan organoleptik bubuk kakao serta mendapatkan suhu dan lama penyangraian terbaik dalam proses pembuatan bubuk kakao. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei - Oktober 2018 di Laboratorium Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas dan di Laboratorium MIPA Bengkulu. Bahan baku yang digunakan dalam penelitian ini yaitu biji kakao dan air kelapa. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor yang pertama yaitu suhu (T) pengolahan (800C, 900 C, 1000 C, 1100 C) Faktor yang kedua adalah waktu (W) lama pengolahan (45 menit, 65 menit, 75 menit) Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu dan lama waktu berpengaruh terhadap rendemen, kadar air, kadar lemak, dan organoleptik (warna, rasa, aroma). Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan kombinasi suhu dan lama waktu penyangraian yang bervariasi diketahui sangat berpengaruh terhadap hasil yang ditetapkan. Suhu 1000C dan lama penyangraian 65 menit merupakan kombinasi yang perlakuannya terbaik pada riset ini. Interaksi terjadi pada kadar air dan tingkat kesukaan panelis organoleptik (hedonik) warna dan aroma. Hasil penelitian yang diamati sehingga diperoleh datanya adalah rendemen, kadar air, kadar lemak dan tingkat kesukaan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2019 04:19
Last Modified: 01 Nov 2019 04:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20059

Actions (login required)

View Item View Item