PENGEMBANGAN BUKU UNIT MATERI PEMBELAJARAN ANALISIS MORFOLOGI CAPUNG (ODONATA) HASIL INVENTARISASI DI PERSAWAHAN DESA MUARA SAHUNG UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Risi, Elva and Irwandi, Ansyori and Bhakti, Karyadi (2023) PENGEMBANGAN BUKU UNIT MATERI PEMBELAJARAN ANALISIS MORFOLOGI CAPUNG (ODONATA) HASIL INVENTARISASI DI PERSAWAHAN DESA MUARA SAHUNG UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI CETAKK 2023 BEBAS PERPUS UNIB - elva riski.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku unit materi pembelajaran analisis morfologi capung (Odonata) di Persawahan Desa Muara Sahung, mendeskripsikan keanekaragaman jenis capung dan nimfa, mendeskripsikan kelayakan buku unit materi pembelajaran dan mendeskripsikan hasil uji respon mahasiswa berdasarkan buku unit materi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) model ADDIE Branch (2009). Dari keseluruhan tahapan ADDIE ini, peneliti hanya melakukan hingga ke tahap Development, yaitu tahapan pengembangan produk. Pengambilan sampel capung dan nimfa dengan menggunakan metode jelajah dilakukan di persawahan Desa Muara Sahung. Uji kelayakan buku unit materi pembelajaran dilakukan oleh tiga validator ahli. Uji keterbacaan mahasiswa terhadap buku unit materi pembelajaran dilakukan dengan 30 responden. Hasil penelitian ditemukan 14 spesies capung yang terdiri dari 4 famili. Famili dengan keanekaragaman capung terbesar adalah Libellulidae dan 3 spesies nimfa dengan famili Libellulidae. Hasil uji kelayakan unit materi pembelajaran memperoleh persentase validator aspek materi 91.67%, aspek bahasa 97.20%, aspek grafis 94.40% dengan kategori sangat layak digunakan. Hasil uji keterbacaan mahasiswa terhadap buku unit materi pembelajaran capung (Odonata) memperoleh persentase 86.31% dengan kategori sangat menarik. Buku unit materi pembelajaran capung (Odonata) dapat diujicobakan pada pembelajaran zoologi invertebrata. Kata Kunci : Capung dan Nimfa, Keanekaragaman, Unit Materi Pembelajaran, Odonata, Morfologi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:06
Last Modified: 15 Aug 2024 07:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20065

Actions (login required)

View Item View Item