PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LKPD MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Bubdah, Lonni and Irwandi, Ansyori and Yennita, Yennita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LKPD MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LONNI BUBDAH (A1D019016) - Lonni Bubdah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan LKPD materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan mc Taggart dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis aktivitas mengajar guru siklus I diperoleh nilai 24,5 (baik) dan siklus II 28,5 (baik). Hasil analisis aktivitas belajar peserta didik siklus I 24 (baik) dan siklus II 27,5 (baik). Hasil belajar kognitif siklus I 71,8 % (belum tuntas) dan siklus II 81,25% (tuntas). Analisis hasil belajar psikomotorik siklus I 8,3 (cukup) dan siklus II 10 (baik). Analisis hasil belajar afektif siklus I 8,78 (cukup) dan siklus II 10,06 (baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan LKPD materi ekosistem mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 9 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL). LKPD, Ekosistem, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:27
Last Modified: 15 Aug 2024 07:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item