ANALISIS PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN KEPEMIMPINAN OTENTIK TERHADAP KINERJA (Studi Pada Laboran Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Kota Bengkulu)

Zulmedia, Santi and Lizar, Alfansi and Praningrum, Praningrum (2021) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN KEPEMIMPINAN OTENTIK TERHADAP KINERJA (Studi Pada Laboran Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FILE TESIS PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh motivasi intrinsik dan kepemimpinan otentik terhadap kinerja pada laboran perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Kota Bengkulu. Motivasi dan dukungan dari pimpinan sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja laboran. Laboran bekerja diruangan tertutup dan terbuka, terkadang timbul perasaan bosan dan jenuh dengan pekerjaannya sebagai laboran. Laboran harus mampu mengelola Laboratorium secara mandiri tanpa harus diawasi, laboran harus update dengan terus meningkatkan pengetahuannya dalam mendukung kinerja dan laboran harus membina hubungan sosial dengan baik yang dalam suatu organisasi profesi yang bernama PPLPI. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengukuran motivasi Intrinsik melalui 3 dimensi yaitu dimensi yaitu otonomi, kompetensi, dan keterikatan. 3 dimensi merupakan kebutuhan dasar dari konsep Self Determination Theory. Ketiga kebutuhan psikologis dasar itu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan motivasi intrisnsik. Selain motivasi kepemimpinan otentik juga diteliti dengan hasil terdapat pengaruh terhadap kinerja. Kepemimpinan dalam penelitian ini terdiri dari 4 dimensi yaitu kesadaran diri, transparansi hubungan, pengelolaan berimbang, perspektif moral terinternalisasi Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan secara kuantitatif. Alat pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner yang didistribukan ke 90 orang. Responden yang mengembalikan kuesioner sebanyak 87 orang yang memberikan respon. Kuesioner penelitian ini yang disebarkan secara ofline, Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability Sampling dengan teknik pengambilan total sampling atau pengambilan sampel jenuh. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang diteliti mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif . Variabel Motivasi intrinsik berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai sebesar 0,012 % dan kepemimpinan otentik berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai 0,02 %. Hasil penelitian diolah dengan SPSS (Statistical Package for Social Social Science) versi 16.0 for windows untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas memakai rumus Alpha Cronbach. Metode Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Nilai koefisien determinasi berganda (adjusted R ) adalah sebesar 0,186 atau 18,6 persen artinya masih banyak hal lain yang dapat meningkatkan kinerja. Saran yang diajukan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu organisasi hendaknya memperhatikan pemenuhan kebutuhan psikologis dasar laboran yang v dapat menumbuhkan motivasi intrinsik dengan subur, pemimpin hendaknya dapat menjalankan pimpinannya dengan transparan, agar terpeliharan rasa kepercayaan yang tinggi terhadap pimpinan. Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh motivasi intrinsik terhadap kinerja maka perlu dipertahankan dan ditingkatkan, Dan selain itu pemimpin juga beperan dalam meningkatkan motivasi dalam meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:15
Last Modified: 16 Aug 2024 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item