PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP PERILAKU BERUTANG PADA MASYARAKAT KOTA BENGKULU

Yongki Gunawan, Kiemas and Fitri, Santi and Baihaqi, Baihaqi (2021) PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP PERILAKU BERUTANG PADA MASYARAKAT KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS YONGKI GUNAWAN MM 39_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perilaku berhutang adalah perilaku meminjam yang berhubungan dengan finansial dimana peminjam diwajibkan untuk mengembalikan atau membayar kembali pinjaman berupa cicilan kepada pihak yang memberikan pinjaman. Perilaku berhutang tidak hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke bawah tetapi juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Perilaku berhutang dapat dilihat dari pengetahuan seseorang, karakteristik demografi, kecerdasan spiritual dan preferensi risiko dalam memutuskan untuk berutang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, apakah terdapat pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Kedua, apakah terdapat pengaruh karakteristik demografi terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Ketiga, apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Keempat, apakah terdapat pengaruh preferensi risiko terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Kedua, untuk mengetahui pengaruh karakteristik demografi terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Keempat, untuk mengetahui pengaruh preferensi risiko terhadap perilaku berhutang pada masyarakat Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) dan diolah dengan metode statistika. Responden penelitian terdiri dari 400 orang yang merupakan masyarakat di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakanpendekatanPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama pengetahuan keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku berutang masyarakat. Kedua, karakteristik demografi memiliki pengaruh terhadap perilaku berutang masyarakat di Kota Bengkulu. Ketiga, kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap perilaku berutang. Keempat, preferensi risiko berpengaruh positif terhadap perilaku berutang masyarakat di Kota Bengkulu.Bagi masyarakat diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dan evaluasi terhadap perilaku berutang. Masyarakat memiliki edukasi tentang bagaimana menyikapi kondisi finansial secara bijak sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam berutang. Selain itu, bagi peneliti lanjutan direkomendasikan untuk menggunakan variabel lainnya yang akan menambah kompleksitas penelitian di bidang keuangan pada masa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:45
Last Modified: 19 Aug 2024 03:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20085

Actions (login required)

View Item View Item