PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Herliana, Delpi and Connie, Connie and Desy, Hanisa Putri (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DELPI_compressed - Delpi Herliana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian model Research and Development (R & D) difine, design dan develop. Teknik pengumpulan data adalah teknik non test yang menggunakan data observasi dan angket. Teknin analisis data adalah metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa dari setiap SMA Negeri 1, 4 dan 9 Kota Bengkulu dengan jumalah total 45 siswa untuk uji persepsi dan 3 uji validasi ahli untuk uji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli terdapat lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa yang dikembangkan termasuk dalam katagori sangat setuju dengan tingkat validasi yaitu: pada aspek penyajian sebesar 89% dengan katagori sangat setuju, kelayakan ini sebesar 93% dengan katagori sangat setuju, kebahasaan sebesar 94% dengan katagori sangat setuju, Discovery Learning sebesar 96% dengan katagori sangat setuju, dan berpikir kritis sebesar 89% dengan katagori sangat setuju. Selanjutnya uji persepsi mendapat skor 91% dengan katagori sangat baik. Berdasarkan validasi dan uji persepsi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid atau sangat setuju dan sangat baik. Kata kunci: penelitian dan pengembangan, LKPD, Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:32
Last Modified: 16 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item